Posts tagged "outsider stuff"

"PLTSa tidak cocok dibangun di Bandung, karena di Cekungan Bandung ini, apapun yang dikeluarkan dalam bentuk gas tidak akan terapung,"

Tampaknya warga Bandung tak akan kembali melihat sosok pria kecil paruh baya, berbaju kuning dengan topi caping khasnya itu. Sariban (67) berpikir untuk ‘pensiun’ dari aktivitasnya memunguti sampah dan paku di pohon.

Mumpung lagi hari guru nih, mau share tentang sejarah pendidikan pada masa kolonial, tulisan ini diambil dari blog komunitas Aleut!

If you are interested to change the future of our country Indonesia, this is your time to do something. For anyone and everyone interested in volunteering their time to helping the poor children of Bandung… tell everyone! share this message with all people!

greeneration:

Sudah pada tahu khan kalau Kota Bandung punya masalah sampah yang mengkhawatirkan? Kenapa bisa terjadi? Itu karena pola hidup masyarakat Bandung yang konsumtif. Selain itu, TPA yang beroperasi untuk melayani kota Bandung saat ini hanya TPA Sarimukti yang terletak di Kabupaten Bandung. TPA ini mempunyai kapasitas yang lebih kecil dari TPA sebelumnya yaitu TPA Leuwigajah. Hal ini memberatkan pengelola persampahan karena TPA Sarimukti ini tidak mempunyai kapasitas yang cukup untuk menampung semua timbulan sampah yang berasal dari Kota Bandung. Keadaan kini diperparah dimana akhir-akhir ini TPA Sarimukti diblokir oleh warga setempat sehingga sampah-sampah di TPS seluruh Kota bandung kini menumpuk dan mengganggu warga sekitar. Kalau sampah-sampah ini terus menumpuk di TPS dan tidak disalurkan, maka Bandung bisa menjadi kota lautan sampah! Bisa dibayangkan betapa mengerikannya jika hal itu terjadi!

Untuk menanggapi hal ini, Greeneration Indonesia berusaha memberikan suatu solusi yaitu melalui programnya yang disebut Peta Hijau tematik Persampahan Kota Bandung. Peta Hijau tematik Persampahan Kota Bandung ini bentuknya berupa peta geografis yang dilengkapi ikon-ikon bermakna khas di bidang lingkungan (persampahan) di Kota Bandung. Tujuan pemetaan ini yaitu untuk mengurangi timbulan sampah di Kota Bandung dengan memberikan alternatif pengelolaan sampah dengan cara reduksi, pemakaian kembali, dan daur ulang (3R) yang dapat diterapkan oleh masyarakat di kehidupan sehari-hari , karena sebenarnya sudah ada tempat-tempat yang melakukan 3R tersebut. Tempat-tempat tersebut kemudian akan dipetakan dalam Peta Hijau ini.

Peta Hijau tematik Persampahan Kota Bandung ini akan dibagi menjadi 6 seri yang terdiri dari beberapa kecamatan pada setiap serinya. Inilah 8 (delapan) jenis ikon persampahan yang akan dipetakan, sesuai ikon Green Map System dan pengembangan makna masing-masing ikon:

             Usaha Produk Hijau (Kode: UPH)

Tempat layanan yang memproduksi atau menjual produk yang mengurangi sampah seperti reparasi barang, belanja dengan kemasan reuse atau dari bahan organis, berwawasan lingkungan dan berstandar ramah lingkungan, serta menawarkan reparasi barang.

Contoh: Perusahaan yang menjual barang/jasa yang berkaitan dengan proses reduksi, tempat (penjualan snack kering kiloan yang dapat dibeli tanpa bungkus plastik, reparasi tas, payung, sepatu, handphone, laptop dll), waralaba yang mendukung penggunaan kemasan kardus/kantung kain dll)

 

Read More

Pada tanggal 19 April 1930, di gedung Hande Proyo (sekarang gedung Batik dekat Alun-alun Utara) Yogyakarta berkumpullah para pemuka sepakbola pulau Jawa :  VIJ diwakili Sjamsoedin – mahasiswa RHS; wakil Bandoengsche Indonesische Voetbal Bond (BIVB) Gatot; Persatuan Sepakbola Mataram (PSM) Yogyakarta diwakili Daslam Hadiwasito, A.Hamid, M. Amir Notopratomo; Vortenlandsche Voetbal Bond (VVB) Solo oleh  Soekarno; Madioensche Voetbal Bond (MVB) oleh Kartodarmoedjo; Indonesische Voetbal Bond Magelang (IVBM) oleh E.A Mangindaan (saat itu masih menjadi siswa HKS/Sekolah Guru, juga Kapten Kes.IVBM), Soerabajashe Indonesische Voetbal Bond (SIVB) diwakili Pamoedji. Dari pertemuan tersebut maka, lahirlah PSSI (Persatoean Sepakraga Seloeroeh Indonesia).

Dokumentasi Timnas Ducth east Indies (Indonesia) pada Piala Dunia tahun 1938 di Prancis. Dari data resmi FIFA, Indonesia pernah berlaga di Piala Dunia, tepatnya 1938 di Prancis. Pada masa itu Indonesia masih d ibawah wilayah pendudukan Belanda, atau yang lebih di kenal Ducth East Indies, dan merupakan tim pertama dari kawasan benua Asia yang berlaga di worldcup.

http://www.kamusbahasasunda.com/

Mangga dicobian kanggo nu peryogi = Silakan dicoba bagi yang membutuhkan